Sabtu, 03 Juli 2010

Tutorial Gravmag

Gravmag adalah salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan dalam pembuatan model magnetic dan gravity yang dikembangkan oleh Craig H. Jones. Sesuai dengan namanya, perangkat lunak ini dapat digunakan dalam membuat model benda magnetic atau gravity jika salah satu data (magnetic atau gravity) diketahui. Di bandingkan dengan perangkat lunak sejenis seperti mag2dc, geomodel dan grav2dc, perangkat lunak ini tergolong sederhana dan mudah dalam penggunaannya serta memiliki tingkat akurasi yang tinggi sehingga seorang geofisikawan yang berfokus pada metode geomagnet dan gaya berat wajib mengetahui seluk beluknya baik dari segi fungsi maupun pengoperasiannya. Atas dasar itu, sebagai seorang yang bergelut dalam bidang terseut maka saya berkewajiban untuk berbagi sedikit pengetahuan kepada teman-teman yang berminat dalam bidang ini.

Dalam memdapatkan perangkat lunak ini tidak sulit. Perangkat lunak ini dapat di unduh gratis dari situs www.4shared.com/gravmag. Dengan kapasitas yang tidak terlalu besar (sekitar 1,64 MB) dan dapat langsung digunakan (portable). Jika teman-teman sudah memiliki perangkat lunak ini, untuk mengoprasikannya cukup dengan mendoble clik file eksekusinya (gravmag.exe) hingga muncul jendela utama dari gravmag seperti berikut ini.

Pada jendela utama terdapat beberapa menu (file, edit, units, view, window, dan help). Pada menu “file” terdapat beberapa submenu seperti pada gambar berikut.


Seperti yang terlihat pada gambar di atas, terdapat beberapa submenu, di antaranya

Ø “Open” digunakan untuk membuka file model yang telah dibuat sebelumnya.

Ø “Save Model” digunakan untuk menyimpan file model yang telah dibuat.

Ø “Page Setup” digunakan untuk mengatur halaman kerja.

Ø “Print” digunakan untuk mencetak model yang telah dibuat.

Ø “Exit” digunakan jika pengguna ingin keluar dari amplikasi ini.

Pada menu “Edit” juga terdapat beberapa submenu seperti pada gambar berikut.

Sama seperti pada menu “Edit” juga terdapat beberapa submenu seperti “Undo, Cut, Copy, Copy model, Paste, Clear, Preferences”. Semua istilah-istilah diatas saya pikir sudah familiar dengan telinga pengguna, baik dari segi penggunaan maupun fungsinya.

Menu berikutnya adalah menu “Unit”, berisi tentang satuan dari besaran yang digunakan, apakah menggunakan system internasional (SI) atau dengan system CGS.

Besaran yang digunakan disini adalah jarak, rapat massa (densitas), dan suseptibilitas. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

Berikutnya adalah menu “view”, terdapat beberapa pilihan yang digunakan untuk menampilkan nilai densitas, suseptibilitas dan sebagainya dari model jika ketiga pilihan ini diceklis, maka pada jendela utama akan berubah menjadi seperti pada berikut ini.

Menu berikutnya adalah menu “window” yang berisi sub menu seperti pada gambar berikut.

Setiap submenu pada bagian ini memiliki jendel

a dan fungsi tersendiri jika pengguna mengklik submenu yang bersangkutan.

Ø Section

Jendela ini berfungsi dalam membuat model, memanipulasi bentuk, sehingga diperoleh kecocokan antara kurva model dan kurva observasi. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut ini

Ø Gravity Data

Jika pengguna mengklik “Gravity Data”, maka akan muncul jendela sebagai berikut

Jendela ini digunakan dalam penginputan data lintasan profil dan data gravity observasi yang akan dibuatkan modelnya. Data lintasan diinput pada kolom “X(m)” dan data gravity observasi diinput pada kolom “observasi”.

Ø Magnetik Data

Tampilan dari jendela ini sama dengan tampilan pada jendela “gravity data”. Cara penginputan datanya pun sama, yang membedakan disini adalah pada kolom “observasi” data yang diinput adalah data magnetic observasi. Tampilan dari jendela “magnetic data” seperti pada gambar di bawah ini.

Ø About GravMag

Pada submenu ini berisi informasi tentang pencipta dari perangkat lunak ini.


Jika pengguna bingung dalam pengoperasian dari aplikasi ini, silahkan pengguna klik menu “help”

1 komentar:

  1. Mas GravMag-nya udah ga ada, boleh minta upload ualang?

    BalasHapus