WellCome to My Blog



Jumat, 05 November 2010

PRAKTEK KERJA LAPANGAN DI PT. ANTAM POMALAA, KOLAKA

Praktek Kerja Lapang (PKL) ini dilaksanakan terhitung mulai dari tanggal 10 Juli s/d 12 Agustus 2008. PKL ini diikuti oleh 6 mahasiswa Fisika UNM yang terbagi dalam 2 kelompok yakni, Fisika Bumi dan Fisika Material masing-masing terdiri dari 3 orang. Kedua kelompok ini pun ditempatkan pada tempat yang berbeda sesuai dengan fokus kajian mereka. Untuk kelompok Fisika Material ditempat di bagian Lab. Instrumentasi sedangkan kelompok Fisika Bumi di tempatkan dibagian Eksplorasi dan Perencanaan Tambang.
Salah satu kegiatan dalam PKL ini adalah mengikuti pelatihan penggunaan dan pengolahan data dengan menggunakan alat total Station. Alat ini menggunakan sistim robotik sehingga dapat mencari koordinat titk secara otomatis, kemudian dalam mengukur jarak menggunakan sinar inframerah. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 14-19 Juli 2008 yang diikuti oleh Internal PT Antam bag. Tambang serta mahasiswa PKL (UNHAS 1 orang, UNM 3 orang, UMI 1 orang dan UVRI 2 orang).
Kegiatan ini dibagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama dilakukan pengambilan data disekitar lokasi pabrik, kemudian data yang diperoleh olah. Suasana pelatihan dapat dilihat pada gambar di bawah ini.



Pada tahap berikutnya dilakukan pengukuran (pengambilan data) di lokasi tambang. Lokasi yang dipilih adalah tambang tengah tepatnya di bukit TLC 2. Proses pengukuran dapat dilihat pada gambar di bawah ini.




Setelah itu data kemudian diolah dengan perangkat bawaan alat tersebut. Alat ini biasa digunakan dalam memetakan dan mengukur kemajuan tambang.
Selain mengikuti pelatihan tersebut, kegiatan yang lain yang dilaksanakan adalah melihat proses pengambilan sampel dengan menggunakan bor hidrolik, mengukur kemajuan tambang serta menghitung volume cadangan. Setelah mengikuti kegiatan ini selama kurang lebih 1 bulan, PT. Antam memberikan sertifikat kepada peserta PKL. Gambar sertifikatnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Terima Kasih....!!!

4 komentar:

  1. wa . . . pada guanteng n cuantik" ni nak PKLnya, kpn bisa jalan" ke Pomalaa lg ???, slm ya buat teman".

    BalasHapus
  2. thank' taz komentarx..., kami jg kangen dgn suasana d Pomalaa krn tempatx yang cantik n indah... Tiap tahun ada tman2 Fisika Bumi UNM yg PKL d sana sejak 2008 lalu uda 3 gelombang yg uda PKL d sana...., Slm jg bwt tman d Pomalaa Sana...

    BalasHapus
  3. kira-kira, kepada siapa yang bisa dihubungi via email/telp jika ingin kerja praktek di Antam Pomalaa? trims

    BalasHapus
  4. bisa minta contact person di antram pomala? saya berminat kerja praktek jg disana

    BalasHapus