Friday, April 24, 2020

TRANSFORMASI KOORDINAT GEOGRAFIS KE UTM


Sistem koordinat adalah suatu sistem yang menggunakan satu atau lebih bilangan, atau koordinat untuk secara unik menentukan posisi suatu titik atau unsur geometris lain pada manifold seperti ruang Euklides (Wikipedia.org). Pada umumnya, di Indonesia ada dua jenis sistem koordinat yang lazim digunakan yakni Sistem Koordinat Geografis (Geographic Coordinate System), dan UTM (Universal Transverse Mercator).

Sistem Koordinat Geografis merupakan sistem koordinat yang mengacu terhadap bentuk bumi sesungguhnya yakni mendekati bola (ellipse). Posisi objek di permukaan bumi didefinisikan berdasarkan garis lintang (latitude) dan garis bujur (longitude).
UTM merupakan salah satu jenis sistem koodinat proyeksi yang tidak mengacu pada bentuk bumi yang bulat, melainkan mengacu pada bentuk bumi yang datar/planar melalui proyeksi tertentu. Sistem koordinat UTM memproyeksikan bumi ke dalam bentuk tabung dalam satuan meter. UTM terdapat pembagian waktu berdasarkan zonasinya, di Indonesia sendiri terdapat 16 pembagian zonasi waktu. 
Kadang kala untuk suatu keperluan tertentu misalnya untuk memudahkan dalam penghitungan luasan suatu wilayah atau menghitung volume yang memerlukan sistem koordinat UTM sedangkan data koordinat yang kita punya adalah dalam sistem koordinat geografis. Dalam ini, kita akan belajar salah satu cara melakukan transformasi koordinat dari sistem koordinat geografis menjadi UTM menggunakan Surfer. 

Simak video tutorialnya di link berikut

https://youtu.be/uQ5uiA9YsaE

No comments:

Post a Comment