Rabu, 30 Mei 2012

Mengolah Data Citra SRTM dari Global Mapper

Pada bagian sebelumnya telah diuraikan bagaimana memperoleh data citra SRTM dari global Mapper. Pada bagian ini akan di uraikan pengolahan citra tersebut dengan menggunakan aplikasi pengolah data DEM yang lain seperti Surfer 10 dan ArcGis 9.3 sampai kepada hasil akhirnya berupa peta topografi. 
Kali ini citra SRTM yang kita gunakan adalah Citra SRTM daerah Pangkajene, Kab. Sidrap Sulsel yang diduga sebagai kaldera purba. Citra SRTM daerah Pangkajene dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
langkah selanjutnya dilakukan ekspor data ke dalam bentuk data vektor ekstensi XYZ (*.xyz) dan lain - lain agar dapat diolah dengan menggunakan aplikasi lain. Jika ekspornya sukses maka bentuk datanya seperti gambar di bawah.
 Dari data di atas kita membuat "image map" dengan menggunakan aplikasi surfer 10. Pada proses griddingnya digunakan metode kriging. Metode griding yang tersedia banyak sehingga kita dapat memilih metode yang mana yang memberikan hasil yang sesuai dengan keadaan real di lapangan. Hasil "image map" dengan menggunakan aplikasi Surfer 10 dapat diliat pada gambar di bawah.
Kita juga dapat membuat tampilan "3D surface" dengan menggunakan aplikasi surfer 10. Dibawah ini perbandingan gambar 3D dengan menggunakan aplikasi global mapper ver. 11 (atas) dan dengan menggunakan aplikasi Surfer 10 (bawah).

Dengan menggunakan aplikasi ArcGis 9.3 kita akan melakaukan interpolasi dari vektor di atas dengan metode "Inverse distance Weighted". Dengan menggunakan fasilitas "Spatial Analyst" untuk melakukan analisis permukaan (Surface Analyst). Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini

Selanjutnya kita melakukan klasifikasi morfografi berdasarkan Van Zuidam (1985). Di sini kita menggunakan analisis permukaan "reclasify" yang dioverlaykan dengan "contour".  Hasilnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Jika kita menginginkan tampilan yang berbeda, kita juga dapat memanfaatkan fasilitas "3D Surface" milik ArcGis untuk membuat "Tin". 

Sekian, semoga bermanfaat...!!!
Selamat mencoba...!!!
(dipresentasekan pada mata kuliah "Sistem Informasi Geologi", Rabu 30 Mei 2012 di ruang seminar Jurusan Geologi,Universitas Hasanuddin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar