Jumat, 12 Februari 2016

SEMINAR ANDROID: PELUANG INFORMASI BERBASIS ANDROID DALAM DUNIA KAMPUS DAN BISNIS

Seminar Android merupakan salah satu program kerja Fakultas Teknik Komputer (FTKOM) Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP). Seminar Android tersebut dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 19 Desember 2015 bertempat di Aula Gedung H Kampus II UNCP, mengusung tema “Peluang Informasi Berbasis Android dalam Dunia Kampus dan Bisnis”. Seminar ini  dihadiri sekitar 248 peserta yang didominasi oleh peserta yang berasal dari Program Studi Teknik Informatika FTKOM UNCP. Acara ini dibuka oleh Dekan FTKOM UNCP Ibu Dra. Rusmala Dewi, M.T. Seminar Android ini bertujuan memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa khususnya yang berasal dari Program Studi Teknik Informatika bahwasanya OS Android yang mereka gunakan selama ini tidak hanya dapat digunakan untuk media sosial, main game, dengar musik dan nonton video tetapi juga memiliki fungsi lain yang dapat dioptimalkan dalam dunia pendidikan dan bisnis. Kegiatan seminar ini seperti ini diharapkan dapat membuka pola pikir mahasiswa dalam menumbuhkan jiwa akademik dan intrepreneur sehingga dapat mendukung program pemerintah mengurangi pengangguran melalui sektor ekonomi kreatif.
Narasumber pada kegiatan tersebut menghadirkan akademisi Politeknik Negeri Ujung Pandang Bapak Irfan Syamsuddin, ST, Pg. Dipl. BEC, M.Com.ISM, Ph.D. yang merupakan pendiri dari lembaga riset CAIR (Center for Applied ICT Research). Dari kalangan praktisi bisnis menghadirkan perwakilan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Perguruan Tinggi Sulawesi Selatan (HIPMI PT SULSEL) Andi Khaidir Abu Bakar yang menjabat sebagai Wakil Ketua.
Dalam pemaparan materinya yang berjudul “Peluang Informasi Berbasis Android Bagi Dunia Pendidikan”, Bapak Irfan Syamsuddin, ST, Pg. Dipl. BEC, M.Com.ISM, Ph.D menjelaskan banyak hal diantaranya infobesity, pikun digital, big data, potensi Android untuk M-Learning serta kelebihan dan kekurangan Android. Di akhir pemaparannya, Beliau menyimpulkan teknologi Android dengan beragam fitur yang ditawarkan sangat berpotensi positif untuk memperkaya dunia pendidikan, para pendidik sebagai Digital Immigrant perlu meningkatkan skill dan pengalaman akan Teknologi Android dan teknologi Android mampu mewujudkan Mobile Learning sesuai kebutuhan institusi.
Sementara itu, Perwakilan HIPMI PT Sulsel Andi Khaidir Abu Bakar memaparkan materinya tentang “Peluang informasi berbasis android di bidang bisnis”. Dalam pemaparannya Beliau banyak memberikan motivasi – motivasi bisnis dan tips – tips untuk menjadi seorang pengusaha tangguh.
Peserta terlihat antusias dan bersemangat mengikuti seminar Android. Selain karena materi seminar yang menarik juga ada doorprize  berupa HP Android dan flashdisk yang disediakan panitia. Menurut salah satu peserta seminar Muh. Faisal, kegiatan seperti ini harus sering dilaksanakan karena dapat menambah pengetahuan apalagi narasumber yang dihadirkan sangat kompeten dan interaktif serta dapat memotivasi mahasiswa untuk kuliah sambil berbisnis. Disamping itu ada juga hadiah dan doorprize. Kedepannya FTKOM UNCP akan melaksanakan beberapa agenda yaitu Workshop Media Pembelajaran untuk Para Guru dan Mahasiswa dan Workshop robot. Semoga kegiatan yang Kami selenggarakan ini bermanfaat bagi Kita Semua.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar