Sabtu, 15 Agustus 2009

Koreksi IGRF

Pada bagian yang terdahulu telah dibicarakan mengenai akuisisi data magnetik di lapangan dimana data ini nantinya dalam pengolahannya dikenakan koreksi yaitu koreksi IGRF yang dibangkitkan oleh inti bumi dan koreksi variasi harian yang akibatkan oleh pengaruh ionosfer matahari. Harga IGRF di setiap tempat dipermukaan bumi ini bervariasi maka dalam melakukan pengukuran perlu dilakukan penentuan posisi pengukuran dengan menggunakan GPS tentunya supaya data yang diperoleh dapat dikoreksi. harga IGRF ini direvisi setiap 10 tahun dan yang dipakai sekarang IGRF 10 yang berlaku mulai dari 2000. berikut ini animasi dari IGRF dari tahun ke tahunSekarang gimana cara menddapatkan harga IGRF di lokasi pengukuran??? apakah dengan melibatkan persamaan matematika yang rumit ato dengan diselesaikan dengan integral yang berlipat - lipat....???? ternyata tidak perlu, kita cukup meminta bantuan kepada teman saya yang bernama "Google". Karena ternyata alat menghitung (kalkulator) medan magnetnya sudah tersedia secara Online. jika komputer ato lamtop Anda sudah tersambung dengan internet silahkan tanah bang "Google", cari dengan keyword "IGRF". maka Anda akan dituntun hingga sampai ke tujuan Anda. Jika Anda tersesat silahkan kunjungi alamat berikut "www.ngdc.noaa.gov/geomagmodels/struts/calcIGRFWMM. maka akan muncul tampilan berikut.Pada kolom koordinat silahkan tentukan Lintang (Latitute) dan bujur(Longitude)nya. kemudian input nilai - nilai koordinatnya (dalam bentuk derajat, menit, detik). Pada kolom "Model" silahkan pilih "IGRF 10". Pada Kolom "Elevation" silahkan input nilai elevasi dan tentukan pula satuan yang dipakai.
pada kolom "start date" dan "End date" silahkan input waktu dimulainya dan berakhirnya pengukuran (tgl, bln, thn). Pada kolom "step size" input "2009".
Kemudian klik "compute magnetic Field Values" untuk memperoleh hasilnya
Sebagai contoh untuk kota Makassar pada koordinat 5 derajat, 11 menit, 24 detik LS dan 119 derajat, 43 menit, 12 detik BT pada elevasi 0,0 m diperoleh hasil:
deklinasi : 1 derajat, 37 menit dengan pergantian pertahun -1 menit per tahun.
Inklinasi : -27 derajat, 34 menit dengan pergantian pertahun 2 menit pertahun.
Intensitas Horizontal:38.314,9 nT dengan pergantian pertahun -4,3 nT/thn
Komponen Utara: 38.299,6 nT dengan pergantian pertahun -4,1 nT/thn
Komponen Timut: 1082,9 nT dengan pergantian pertahun -8,6 nT/thn
Komponen Vertikal: -20.005,6 nT dengan pergantian pertahun 24,5 nT/thn
Medan Total: 43.233,3 nT dengan pergantian pertahun -15,2 nT/thn
Silahkan mencoba untuk lokasi - lokasi yang lain.........
Wassalam....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar