Jumat, 14 Agustus 2009

SEKILAS TENTANG FISIKA BUMI FMIPA UNM


Fisika bumi merupakan salah satu cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang sifat-sifat fisik bumi dengan menggunakan pendekatan fisika.

Jurusan Fisika FMIPA UNM merupakan salah satu jurusan yang sedang mengembangkan bidang kajian ini. Bidang ini dinaungi oleh KBK Fisika Bumi. KBK ini merupakan yang termuda di Jurusan Fisika, terbentuk pada tahun 1999 tepat ketika Drs. Muhammad Arsyad, M.T menyelesaikan program Megister (S.2) di ITB Bandung.

Beliau merintis KBK ini dengan pemikiran bahwa daerah Sulawesi Selatan merupakan daerah yang kaya akan sumber daya alam yang belum terorganisir dengan baik dan dapat dijadikan sebagai modal dasar pengembangan Sumber Daya Manusia di Jurusan Fisika. Pada dasarnya Fisika Bumi mempelajari sifat-sifat Bumi melalui pendekatan dengan asumsi bahwa: ada gejala kelistrikan di dalam bumi, kemagnetan bumi, penjalaran gelombang di dalam bumi, dan berbagai gejala alam lainnya yang menjadi acuan dalam melakukan pengkajian yang lebih dalam tentang bumi. Di samping itu, variabel fisis di atmosfer juga menjadi parameter dalam kajian terhadap cuaca dan iklim terutama dalam hal prediksi dan mitigasi bencana.

Saat ini KBK Fisika Bumi Jurusan Fisika FMIPA UNM bergelut dalam bidang kajian, di antaranya :

Metode Geofisika untuk eksplorasi dan mitigasi bencana

Variabilitas meteorologi untuk prediksi cuaca

Rancang desain instrumen alat pengukuran sifat fisis bumi.

Sejak KBK Fisika bumi Jurusan Fisika FMIPA UNM dikembangkan berbagai penelitian telah dilakukan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Saat ini KBK Fisika Bumi sedang mengembangkan riset dengan topik, antara lain :

1. Studi anomali magnetik dalam menentukan sesar, gempa bumi, dan mineral

2. Pemodelan 3D dalam Menentukan Struktur Bawah Permukaan dengan Menggunakan Data Magnetik

3. Studi Tentang Kualitas Batubara di Kabupaten Barru Berdasarkan Data Geolistrik Tahanan Jenis

4. Studi Tentang Pengaruh Kejadian Siklon Tropis Terhadap Wilayah Indonesia Timur dan Fenomena Angin Ribut di Wilayah Sulawesi Selatan

5. Aplikasi GPR dalam Mendeteksi Migrasi Limbah Pada Pasir

6. Studi Sifat Fisis Tanah Pada Daerah Rawan Longsor di Kabupaten Sinjai.

7. Studi Tentang Sifat Magnetik Pasir Besi Pantai Loka Kabupaten Takalar Dengan Menggunakan Magnetometer Lab.

8. Model anomali magnetik daerah potensi pasir besi di Pantai Pabiringa, Kab. Jeneponto

KBK Fisika Bumi mulai tahun 2002 telah melakukan berbagai penelitian yang merupakan suatu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dibiayai oleh DIKTI dan sumber biaya lainnya.

Adapun penelitian yang dilakukan dalam hal pengabdian kepada masyarakat antara lain: penentuan sifat fisis beberapa material, pemodelan air tanah kota Makassar, pencarian potensi kawasan karst Maros-Pangkep, penerapan teknologi Geolistrik tahanan jenis pada pengrajin batu di Kabupaten Barru. Selain itu, KBK ini juga melakukan kerja sama dengan dinas pertambangan Propinsi Sulawesi Selatan dengan melakukan studi.

Sebagai upaya pemberdayaan keluaran/alumni dan kegiatan kerja praktek, maka KBK Fisika Bumi Jurusan Fisika FMIPA UNM bekerja sama dengan beberapa instansi pemerintah dan swasta, antara lain:

  1. Dinas Pertambangan dan Energi Propinsi Sulawesi Selatan
  2. BMG wilayah kota Makasar
  3. PDAM kota Makasar
  4. PT. Semen Tonasa
  5. dll

Untuk mewujudkan visi dari KBK Fisika Bumi dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkompeten dalam kajian kebumian, maka dari itu KBK Fisika Bumi menyediakan Fasilitas berupa:

1. Seperangkat Earth Resistivitymeter

2. Magnetik Separator

3. Scanner

5. 2 Unit Komputer

6. 2 Unit Earth Magnetometer

7. 2 Unit GPS.

8. Koneksi Internet

Dalam menciptakan keluaran yang berkualitas, maka hal yang sangat mempengaruhi adalah tenaga edukasi. Dengan adanya tenaga-tenaga edukasi yang yang sarat pengalaman dan memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, maka diharapkan mampu memberikan yang tebaik kepada setiap mahasiswa.

Saat ini KBK Fisika Bumi di asuh oleh dosen yang memang berkompeten dalam bidang kajian kebumian, antara lain:

1. Drs. Muhammad Arsyad, M.T

2. Dra. Loriani B Pairunan, M.T

3. Nasrul Ihsan, S.Si, M.Si

4. Pariabti Palloan, S.Si, M.T

5. Drs. Ahmad Yani, M.Si

6. Drs. A. J. Patendean, M.Si

7. Sulistiawati, S.Si, M.Si

8. Agus Susanto, S.Si, M.T


1 komentar: