Senin, 16 Februari 2015

Tutorial Voxler (Aryadi Nurfalaq)

TUTORIAL SINGKAT VOXLER
(Aryadi Nurfalaq)


Selamat datang di Voxler, program visualisasi ilmiah secara tiga dimensi (3D) visualisasi yang berorientasi terutama terhadap Volumetric Rendering dan menampilkan data 3D. Selain penekanannya pada volume 3D, Voxler juga dapat memanfaatkan kegunaan grid dua dimensi (2D) termasuk file Digital Elevation Models (DEM), image (gambar), dan data titik yang tersebar (scatter point data). Voxler dapat menampilkan streamlines, vector plots, contour maps, isosurfaces, image slices, three-dimensional scatter plots, direct volume rendering dan masih banyak lagi. Modul komputasi termasuk three-dimensional gridding, resampling, numerous lattice operations, dan image processing. Voxler dirancang untuk menampilkan data XYZC, di mana C adalah variabel pada setiap X, Y, dan Z lokasi. Misal jika diterapkan dalam bidang geofisika dalam membuat data model geolistrik, X, Y dan Z adalah koordinat (bujur, lintang dan elevasi/kedalaman) dan C adalah resistivity (Rho). Dan jika diterapkan pada data geomagnet maka variabel C ini dapat berupa kemagnetan batuan atau juga Suseptibilitas.

Dengan Voxler Anda dapat membuat output grafis yang menakjubkan untuk model 3D Anda. Model dapat berupa irisan (slice), ditampilkan pada setiap sudut dan bahkan dalam bentuk animasi dengan digerakan dengan mouse secara sederhana. Pewarnaan standar ataupun kostum dapat diterapkan pada model Anda.

Orang-orang dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda dapat menggunakan Voxler. Para geosains menghasilkan sejumlah besar data volumetrik dari core drill, studi seismik, Ground Penetrating Radar, pemetaan bawah permukaan, dan penginderaan jauh. Sumber lain data dari pencitraan medis yang dihasilkan oleh CT scan dan MRI. Data meteorologi, mikroskop resolusi tinggi, medan aliran, dan pemodelan air tanah juga merupakan sumber data volumetrik. Pengguna Voxler termasuk arkeolog, ahli iklim, pendidik, insinyur, dokter, Hydrogeologists, ahli geologi, ahli geofisika, peneliti medis, mahasiswa, dan banyak lagi. Siapa saja yang ingin memvisualisasikan hubungan data tiga-dimensi dengan output grafis yang menakjubkan akan mendapatkan keuntungan dari fitur hebat Voxler!

Download Tutorial disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar